Tes HB (Hemoglobin) Santriwati Kelas 7 dan 10 Pesantren Ibnu Taimiyah

Alhamdulilah pada hari Rabu 18 Januari 2023 (25 Jumadil Akhir 1444 H) dan Jum’at 20 Januari 2023 (27 Jumadil Akhir 1444 H) bertempat di Aula Banat Pesantren Ibnu Taimiyah telah dilaksanakan Tes Hb (Hemoglobin) kepada santri-santri putri kelas 7 dan kelas 10 sebanyak 105 santriwati¬† oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Kedua perwakilan dari Puskesmas Sukaharja diwakili oleh Ibu Yeni dan Bidan Norma. Sebelum Tes dilakukan, Ibu Yeni memberikan beberapa penjelasan kepada santri putri mengenai pentingnya Tes Hemoglobin tersebut.

Hemoglobin atau Hb sendiri adalah protein yang diproduksi oleh sumsum tulang yang disimpan dalam sel darah merah. Pemeriksaan ini penting dilakukan mengingat santri santri kelas 7 merupakan remaja putri yang memasuki usia pubertas sementara kelas 10 mulai memiliki aktivitas yang sangat tinggi.

Alhamdulillah mayoritas santri-santri putri di Pesantren Ibnu Taimiyah kadar hemoglobinnya masih dalam batas batas normal. Batas Normal kadar Hemoglobin menurut Ibu Yeni dan Bidan Norma adalah untuk wanita 12-16 g/dL

Cara cek Hb darah dilakukan dengan menggunakan sampel darah guna menentukan kadar hemoglobin dalam tubuh. Sel darah merah dan hemoglobin sangat berkaitan erat satu sama lain. Apabila kadar hemoglobin tinggi, maka jumlah sel darah merah juga akan meningkat, begitu pun sebaliknya. Manfaat dari pemeriksaan ini diantaranya :

  1. Mendiagnosis suatu penyakit
  2. Membantu memantau kondisi kesehatan
  3. Pemeriksaan kesehatan rutin

Selain itu, tujuan dari pemeriksaan Hb ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya kondisi yang perlu perhatian khusus, seperti anemia. Fungsi hemoglobin untuk tubuh memang sangat penting, Jika Hb terlalu rendah atau tinggi, maka bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Tingkat hemoglobin dalam tubuh menjadi salah satu indikator yang membantu mendeteksi sejumlah masalah medis. Semakin cepat terdeteksi, maka penyakit yang ditandai dengan perubahan pada hemoglobin bisa diatasi sesegera mungkin.

Semoga santri-santri di Pesantren Ibnu Taimiyah selalu terjaga kesehatannya dan agar selalu menjaga pola makannya.

Barakallahu fiikum. (ANP)