Seminar Pendidikan untuk Para Guru di PIT


...

Ahad, 21 Agustus 2022/24 Muharam 1444. MTs Ibnu Taimiyah mengadakan seminar pendidikan untuk para guru dari jenjang RA hingga MA Ibnu Taimiyah di Auditorium Syekh Jamal Yusuf Al-Haddad pada pukul 08.00 – 12.00 WIB. Menurut Waka Humas MTs IT TP 2022/2023, Ustaz Habibi Sahlan Amin, Lc., M.Pd., acara yang bertemakan “Strategi Menjadi Guru yang Inovatif, Kreatif, dan Inspiratif” menjadi wawasan baru bagi para guru di Ibnu Taimiyah agar dapat meningkatkan mutu dan kemampuan dalam menyampaikan materi ataupun nilai-nilai kepada santri yang lebih kreatif dan inspiratif.

Acara dibuka oleh Mudir PIT, Ustaz Dr. Haryanto Abdul Hadi, Lc., M.A. yang kemudian dilanjutkan pemaparan materi inti oleh Bapak Awaluddin Faj, M.Pd.I. selaku pembicara. Beliau merupakan konsultan pendidikan, trainer, motivator ,dan sekaligus enterprenneur. “Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Waka Humas MTs Ibnu Taimiyah TP 2022/2023”, tambah Ustaz Habibi yang menjabat pula sebagai ketua panita. “Diharapkan dengan seminar ini secara umum dewan guru mendapatkan ilmu baru terkait bagaimana mereka mentransfer knowledge (pengetahuan) dan value (nilai) kepada santri dengan lebih baik”, demikian menurut beliau yang akrab dipanggil Abu Sammy dan salah satu calon peraih gelar Doktor di Ibnu Taimiyah.

Beberapa poin yang didapat dari hasil seminar ini adalah sebagai berikut: Pertama, seorang guru adalah seorang pengajar sekaligus pendidik. Kedua, seorang guru harus satu frekuensi dan satu persepsi dengan rekan guru lainnya agar apa yang dilakukan di kelas dapat memberikan perubahan perilaku secara mendasar. Ketiga, seorang guru akan dilihat dari hasil karyanya. Keempat, metode pengajaran itu lebih penting daripada materi yang diberikan. Kelima, semua hal tersebut akan terlaksana dengan baik apablila seorang guru mencintai apa yang dia kerjakan. Demikian kutipan dari kesimpulan yang didapat dan dicatat oleh pembawa acara, Ustaz Saepul Muhtadin, S.Pd. Baarakallahu fiikum. (FFR)