Upacara Kemerdekaan RI ke-77 Pesantren Ibnu Taimiyah Bogor


...

Alhamdulillahirabbiláalamiin pada hari ini Rabu, 17 Agustus 2021/19 Muharram 1444, diadakan kegiatan upacara kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Acara yang bertema “Bersama Menuju Indonesia Lebih Kuat” ini merupakan pembukaan dari beberapa rangkaian kegiatan. Seluruh guru dan karyawan, khidmah, dan santri dari kelas 7 hingga kelas 12 Banin dan Banat hadir dalam acara tersebut. Kegiatan berlangsung pada pukul 06.45 s.d. 07.45 WIB di lapangan basket (Banin) dan lapangan MTs (Banat).

Upacara ini merupakan kegiatan perdana yang diikuti oleh seluruh citvitas pesantren setelah sebelumnya masih terbatas karena pandemi. Pun hal ini perdana dilakukan hampir seluruh petugasnya dari santri yaitu, Pradipta Arga sebagai Pemimpin Upacara, Tim 9 sebagai pengibar bendera, serta petugas lainnya yang merupakan perwakilan OSPI Ibnu Taimiyah. Adapun pembina upacara langsung dari Mudir PIT, Ustaz Dr. Haryanto Abdul Hadi, Lc. M.A.

“Makna kemerdekaan dalam perspektif Islam adalah melepaskan diri dari penghambaan kepada makhluk menuju tauhid yaitu, penghambaan kepada Allah Subhanahu wata’ala”, demikian inti sambutan Mudir yang mengutip sebuah riwayat pada perang Qadisiyah antara pasukan muslim dengan pasukan Persia. “Dengan begitu, manusia akan lebih utama dari makhluk-makhluk lain dan lebih mulia”, tambahnya.

Setelah upacara ditutup dengan doa kafaratul majelis, acara dilanjutkan dengan Bedah Buku berjudul “Ensiklopedi Akhlak Salaf” yang diisi oleh Abu Ihsan Al Maidani yang merupakan salah satu pengisi Radio Rodja. Acara pun dimeriahkan oleh bazar, bekam gratis, serta beberapa perlombaan yang dilaksanakan keesokan harinya. (FFR)