Bedah Buku Ensiklopedi Akhlak Salaf


...

Hari ini Rabu, 17 Agustus 2021/19 Muharram 1444. Selesai pelaksanaan upacara kemerdekaan RI yang ke-77, acara dilanjutkan dengan kajian berupa Bedah Buku yang berjudul “Ensiklopedi Akhlak Salaf” di Masjid Jami Ibnu Taimiyah. Materi diisi oleh Abu Ihsan Al Maidani yang merupakan salah satu pengisi Radio dan TV Rodja sekaligus penulis dari buku tersebut.

“Akhlak terbagi dalam dua bagian. Akhlak yang Allah Subhanahu wata’ala berikan dalam rahim seorang ibu dan akhlak yang bisa diraih dengan latihan. Tentunya akhlak bisa kita ubah dengan belajar”, menurut Abu Ihsan dalam pembukaanya. “Agar bisa memulai memperbaiki akhlak, kita harus lakukan dengan niat yang kuat serta dalam prosesnya diawali dengan menjaga lisan. Lisan inilah yang menentukan seseorang bisa dikatakan cerdas dalam berkomunikasi atau tidak. Bahkan dalam konteks hablumminannas, seseorang akan dinilai orang lain dari yang terlihat melalui akhlaknya. Seorang penuntut ilmu tentunya harus memiliki pembeda ,yaitu memiliki akhlak yang mulia”, tambah beliau. Acara pun diselingi tanya jawab ringan dengan para santri dan wali santri yang hadir.

Sebelum acara ditutup, Mudir PIT, Ustaz Dr. Haryanto Abdul Hadi, Lc. M.A. memberikan sedikit penguat akan pentingnya perilaku/akhlak yang baik (husnul khuluq). Perilaku yang baik merupakan bagian dari keimanan seseorang. Sebagaimana Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam sampaikan dalam hadis yang artinya “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” (HR Ahmad dan Abu Dawud) (sumber: almanhaj.or.id ). Sebagai tambahan beliau mengutip hadis lain yang diriwayatkan oleh AL-Baihaqi dimana perilaku baik (husnul khuluq) ini memiliki makna menyambung tali persaudaraan dari yang memutuskannya, memaafkan kesalahan orang yang menzalimi kita, dan memberi orang yang enggan memberi kepada kita. Acara pun ditutup dengan pemberian bingkisan kepada pembicara dan dilanjutkan dengan doa kafaratul majelis. (FFR)